Selasa, 09 November 2010

JARINGAN KOMPUTER

PENGENALAN DASAR JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer). Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya.Dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan.

contoh


JENIS-JENIS JARINGAN

Berdasarkan koneksi (keterhubungan):

Broadcast Links

Point-to-point Links

Berdasarkan skala:

Local Area Network (LAN)

Metropolitan Area Network (MAN)

Wide Area Network (WAN)

Internetwork (internet)

Berdasarkan topologi:

Bus

Star

Ring

dll

Berdasarkan protokol:

Ethernet

Token Ring

dll

Berdasarkan arsitektur

Peer-to-peer

Client/Server

hybrid

LAN (local area network)

Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km. Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce,misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Teknologi:

Ethernet LAN

Wireless LAN

contoh konfigurasi LAN


MAN (metropolitan area network)

Jaringan komputer yang jangkauannya mencakup kota. Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan
televisi kabel.

Teknologi: jaringan TV kabel

contoh MAN


WAN (wide area network)

Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua. Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesinmesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

Teknologi:

Circuit Switching

Packet Switching

Frame Relay

Asynchronous Transfer Mode (ATM)

Jaringan wireless seluler

contoh WAN

INTERNET

Sekumpulan jaringan berbeda (LANs, WANs, atau keduanya) yang saling terkoneksi . Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

contoh internet
JARINGAN TANPA KABEL

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

contoh
TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

  1. Topologi BUS

Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan: Kerugian:

- Hemat kabel - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil

- Layout kabel sederhana - Kepadatan lalu lintas

- Mudah dikembangkan - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

- Diperlukan repeater untuk jarak jauh

  1. Topologi TokenRING

Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan: Kerugian:

- Hemat kabel - Peka kesalahan

- Pengembangan jaringan lebih kaku

  1. Topologi STAR

Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan:

- Paling fleksibel

- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain

- Kontrol terpusat

- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan

- Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian:

- Boros kabel

- Perlu penanganan khusus

- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

  1. Topologi Peer-to-peer Network

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.



CLIENT/SERVER

Definisi:

Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan

Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server

Client/Server yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server.

Keuntungan:

Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengelolaan dan backup data

Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan

Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal

Keamanan lebih terjamin

Keuntungan:

Biaya pembelian hardware dan software server

Dibutuhkan administrator jaringan


PEER TO PEER

Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus

Keuntungan:

Tidak ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server

Tidak diperlukan administrator jaringan

Kekurangan:

Sharing sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan

Keamanan tidak terjamin


HYBRID

Menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer. User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server

PERANGKAT JARINGAN

Alat pemroses (PC, printer, IP phone, laptop, PDA, mobile phone, dll) = host

Network Interface Card

Media Transmisi

Kabel - wired: twisted pair, coaxial dan fibre optic

Wireless: antena, microwave, broadcast radio, infrared, dan bluetooth

Repeater, Hub, Bridge, Switch, Router dan Gateways = node

ARSITEKTUR PROTOKOL

Perangkat lunak dari jaringan komunikasi data

Terdiri dari layer, protokol dan interface

Jaringan diorganisasikan menjadi sejumlah level (layer) untuk mengurangi kerumitannya

Setiap layer dibuat berdasarkan layer dibawahnya

Antar layer terdapat sebuah interface yang menentukan operasi dan layanan yang diberikan layer terbawah untuk layer diatasnya

Layer pada level yang sama di dua host yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan mengikuti sejumlah aturan dan ketetapan yang disebut sebagai protokol.

Dua model:

OSI (hanya sebuah konsep)

TCP/IP (digunakan secara komersial)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar